Tidur tidak Normal Berisiko Stroke

29 07 2008

Bagi Anda perempuan paruh baya, waspadalah jika memiliki pola tidur tidak normal. Hasil penelitian Dr Jiu Chiuan Chen dari University of California menunjukkan ada keterkaitan antara durasi tidur dengan kematian.

Berdasarkan penelitian terkini yang melibatkan 93.175 perempuan berusia 50-97 di Amerika Serikat, ternyata ada 8,3% responden mengalami tidur normal yang tidak lebih dari lima jam permalam. Sedangkan sebanyak 4,6% responden tidur minimal 9 jam tiap malam.Penelitian yang dipublikasikan oleh Jurnal Stroke itu berdasarkan pemantauan selama 7,5 tahun. Hasilnya, tim peneliti menemukan bahwa 1.166 perempuan mengalami stroke ischemic. Ini merupakan tipe paling umum pada stroke, yang menyerang ketika pembuluh darah di otak tersumbat. Pembuluh yang tersumbat ini menyebabkan terhambatnya oksigen mencapai otak, sehingga jaringan otak mulai mati.

Sedangkan bagi perempuan yang tidur enam jam atau kurang, dan delapan jam atau lebih, mengalami peningkatan faktor risiko penyebab stroke masing–masing sebanyak 14% dan 24%, jika dibandingkan dengan perempuan yang tidur tujuh jam semalam.Efek merugikan dari lama tidur yang kurang dari enam jam, akan lebih berat pada perempuan yang telah menderita penyakit kardiovaskular. [L1]

Iklan

Aksi

Information

One response

9 09 2008
Rosdi

Selamat siang dan salam kenal…
Pola tidur sehat dan normal hendaknya dibiasakan untuk segala usia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: