Anak Hilang Ditemukan Dengan GoogleMap

11 01 2009

Keberhasilan aparat kepolisian di Athol, Massachusetts ini seharusnya dapat menjadi pelajaran bagi aparat kepolisian di Indonesia dalam memanfaatkan teknologi untuk berbagai sisi tugas mereka.

Dengan memantau signal telepon genggam dan menghubungkannya dengan teknologi GPS, plus bantuan GoogleMap, Natalie Maltais berhasil ditemukan. Natalie adalah bocah perempuan berusia sembilan tahun yang dilaporkan hilang oleh neneknya Rose (52), sejak lebih dari seminggu lalu.

Kepolisian memanfaatkan teknologi satelit GPS untuk melacak singnal ponsel si bocah, yang dapat menentukan perkiraan lokasi hingga radius hampir 300 meter. Dengan cara itu, aparat memperoleh koordinat dari keberadaan ponsel. Menurut salah satu petugas bernama Thomas Lozier, teknologi GPS yang dipakainya itu biasa digunakan untuk memberikan informasi tentang keberadaan titik api saat kebakaran hutan.

Dengan koordinat tersebut petugas lantas berusaha melacak keberadaan si bocah. Nah, kali ini selain GPS digunakan pula fitur dalam Google Street View yang mampu memberikan panorama 360 derajat dari keadaan sebuah jalan, sesuai sudut pandang mata manusia.

Dari sanalah ditemukan sebuah hotel, yang kemudian dilacak alamatnya secara online. Setelah itu petugas kepolisian diperintahkan untuk mendatangi the Budget Inn, di Natural Bridge, Virginia, tempat di mana Natalie ditemukan selamat. “Saat saya menjelajah peta di Google, saya bahkan bisa melihat rambu jalan. Saya jadi mengenali hotel tersebut. Ini luar biasa,” kata Thomas.

sumber : kompas.com

Iklan

Aksi

Information

2 responses

14 01 2009
bocahbancar

Wah keren..

Nah seperti ini teknologi yang kita butuhkan..

Canggih dan juga bermanfaat..he he he

15 01 2009
endopicky

bener mas,smoga bisa menjadi inspirasi buat aparat dinegeri ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: